Jumat, 07 Februari 2014

Cloud Computing

Sobat, Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang ane dapat dari study di sebuah universitas swasta di surabaya, pengetahuan ane ini adalah tentang pembahasan Cloud Computing, sekali lagi buat yang Skills ilmu komputernya di atas rata-rata mohon koreksinya ya... :-D
Bagi sobat ane yang masih awam tentang cloud computing nih sobat ane bahas.
Pengertian Cloud Computing sendiri adalah Komputasi (Komputer) awan, Loh kok ! komputer di awan ??
Begini sobat yang dimaksud komputer diawan adalah definisi memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke internet  misalnyaFile  Gambar, Video, Musik, Aplikasi, dll, bukan disimpan di komputer lokal lagi melainkan di simpan di dalam server yang tersedia di internet .

Contoh Nih ya,, Email
Email yang tersedia dalam bentuk web mail merupakan contoh dari teknologi cloud computing. Dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo mail, orang tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi dekstop lainya untuk email mereka. membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan dimana saja sepanjang ada internet.

Facebook.."
Kenapa dikatakan Cloud computing?
Facebook menyediakan server yang kapasitasnya sangat besar yang berguna untuk menampung dan menyimpan file pengguna nya sperti foto, video dll.

4Shared,Mediafire,Youtube.dan masih banyak yg lain
Kenapa dikatan Cloud computing ?
Bagi para sobat yang sering mendengar media online diatas pasti tau kegunaan dari masing-masing media online diatas, yah tepat sekali.. media tersebut diatas adalah contoh Cloud Computing yang sangat tepat, kita bisa menyimpan / mengupload gambar, musik, video dll kedalam media online tersebut sehingga kita sewaktu-waktu bisa mengambil file tersebut dengan cara mendownload. tidak hanya kita pribadi,, tapi juga semua user bisa mengambil atau mendownloadnya.

Tekhnologi komputasi dan tekhnik pemrograman baru atau tekhnik pengembangan berubah dengan cepat, tujuan dalam komputasi awan nampaknya akan membuat tekhnologi menjadi sangat mudah dimata user dan menjadikanya se sederhana mungkin. Pengembangan berbasis internet sangat pesat saat ini dengan boomingnya bloging dan layanan jejaring sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru membantu individu dan bisnis untuk dapat berkomunikasi satu sama lain.


0 komentar:

Posting Komentar